Jumat, 30 September 2011

Management Class (Kuliah Manajemen)

Management Class (Kuliah Manajemen)
Department of Management, College of Economics and Management,
Bogor Agricultural University

Lectures Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
(http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/)

session v

untuk tugas kali ini,aku akan menceritakan pengalaman seorang temanku ketika ia berhadapan dengan keadaan yang memaksa dia untuk menentukan suatu pilihan.
begini ceritanya, temanku ini sejak kecil dididik dalam lingkungan yang kuat agamanya. di rumah, ia selalu dikontrol oleh orang tuanya dalam hal ibadah. untuk pendidikan formal, ia selalu disekolahkan di sekolah swasta islam, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA. sehingga bisa dibilang untuk masalah agama, dia lumayan paham banyak.
setelah lulus SMA, ia diberi kebebasan orangtuanya untuk memilih perguruan tinggi,swasta atau negeri. ia pun lalu mendaftar ke sebuah perguruan tinggi negeri di jawa barat.
singkat cerita, pada masa-masa awal menjalani kehidupan dikampus negeri, ia merasa agak kaget. karena sejak kecil ia terbiasa sekolah di sekolah swasta islam yang tidak terlalu heterogen. ia melihat sesuatu yang dulunya ia anggap sebagai hal yang tabu untuk dilakukan, tapi dikampusnya dianggap hal yang biasa.
merasa jiwanya kering, ia pun jadi sering ke masjid untuk mencari kesejukan. di saat itulah ia diajak untuk mengikuti sebuah kajiantentang islam. ia pun tertarik untuk mengikutinya. setelah mengikuti beberapa kali kajian,ia merasa lumayan tersejukkan jiwanya.
masalah kemudian mulai muncul. makin lama mengikuti kajian itu, ia merasa hatinya makin tidak tenang. walau begitu, ia tidak berani untuk mengungkapkannya kepada mentornya. masalah ini hanya bisa dipendamnya di dalam hati.
namun lama kelamaan ia makin merasa tidak tenang. ia ingin berhenti mengikuti kajian itu, tapi ia tak berani mengungkapkannya.
ia pun berpikir, apapun ilmu yang diberikan mentornya,takkan bisa masuk ke otaknya apabila hatinya tidak menerima ilmu itu.
akhirnya suatu hari ia memberanikan diri untuk membuat keputusan, ia berhenti ikut kajian itu.

~~~~~~~~

tugas selanjutnya, menuliskan target untuk 1 tahun ini dan 4 tahun yang akan datang.
target untuk tahun ini, aku ingin membeli kamera digital atau sepeda gunung. ^_^
dan untuk target 4 tahun yang akan datang, belum terpikirkan sih, karena aku hampir tidak pernah membuat target, terutama untuk jangka panjang. tapi beberapa hari lalu sempat terpikirkan 1 hal yang bisa aku jadikan sebagai targetku. aku ingin wisuda saat peringatan dies natalis IPB yang ke 50. ^_^
konsekuensi dari target ini, aku harus menyelesaikan kuliahku sesuai "pola" yang diberikan dari departemen. dan tentu saja (kalau bisa) saat aku diwisuda itu, aku sudah memiliki penghasilan sendiri.
semoga tercapai.
amin.

terimakasih,
semoga bermanfaat

Muhamad Masykur
G54100041

Tidak ada komentar:

Posting Komentar