Kamis, 18 Agustus 2011

Management Class (Kuliah Manajemen)

Management Class (Kuliah Manajemen)
Department of Management, College of Economics and Management,
Bogor Agricultural University


Lectures Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
(http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/)

Session I

(maaf belum terlalu lancar bahasa inggris)

ini adalah kuliah pengantar manajemen (pengamen) pertamaku. dan ini adalah tugas pertama yang diberikan pak Ujang, dosen pengajar mata kuliah pengamen.

beberapa hal menarik yang kudapat ketika kuliah ini antara lain, ternyata pak ujang punya 'hobi' yang hampir mirip denganku, yaitu menulis pengeluaran sehari-hari. beliau berkata bahwa ini termasuk dalam manajemen.

beliau juga bercerita pernah dicemooh karena melakukan "hal yang sia-sia" ini. bener juga sih. entah kenapa dulu tiba-tiba muncul ide untuk menulis pengeluaran tiap hari. kalau dipikir-pikir, sebenarnya hampir tidak ada pengaruh secara langsung antara "penulisan pengeluaran sehari-hari" dengan "penghematan pengeluaran", tapi lama-lama aku merasa ada yang berbeda dari diriku ketika sebelum menekuni hobi ini dan setelahnya.

sebelumnya, aku termasuk orang yang "gag kuat" kalau membawa uang dengan jumlah banyak. maksudnya, kalau aku membawa uang banyak, pasti langsung ingin segera menghabiskannya.
setelah menjalani hobi ini, aku mungkin merasa jadi agak terkontrol dalam pengeluaran.
setiap hari, biasanya ketika akan tidur, kusempatkan untuk me-review apa yang kulakukan seharian ini sambil mencatat apa saja pengeluarannya. kalau satu hari saja terlewat tanpa tercatat, rasanya hari itu seperti hampa ^_^.
(udah deh, cukup dulu cerita tentang hobi ini. mungkin akan kutulis di post yang lain)

hal menarik lainnya yang ku dapatkan saat kuliah pertama pengamen adalah tentang inti dari manajemen itu sendiri. pak Ujang berkata
"Kerjakan apa yang kau tulis, dan tulislah apa yang kau kerjakan"
dan inilah yang sangat berkesan untukku. karena bagiku penting untuk mencatat apa saja yang telah kita kerjakan sebagai bahan evaluasi di masa depan. juga konsekuen dengan apa yang kita tulis (rencanakan).

satu hal lagi tentang kuliah pertama pengamen ini. tentang manajemen, yang terpenting adalah disiplin, yaitu konsisten dengan tujuan yang akan dicapai.

terimakasih,
semoga bermanfaat

Muhamad Masykur
G54100041

Tidak ada komentar:

Posting Komentar